Minggu, 09 Oktober 2011

Apa sih itu VISUAL BASIC (VB) dgn VB.NET?



Menurut sumber informasi yg saya cari di Google, Berikut ini adalah defenisi dari VISUAL BASIC (VB) dan VB.NET :

Visual Basic (VB) versi 6.0 adalh versi terakhir VB sebelum berubah menjadi .Net. Visual Basic merupakan cara termudah dan tercepat utk membuat aplikasi yg dijalankan di sistem operasi Microsoft Windows. Visual Basic menyediakan sekumpulan perangkat utk mempermudah dan menyederhanakan pengembangan aplikasi yg tangguh.

Defenisi Visual Basic Berasal dari kata "Visual" yg merupakan metode yg digunakan utk membuat antar muka yg bersifat grafis Graphical User Interface (GUI). Daripada menulis berbaris2 kode utk menjelaskan pemunculan dan lokasi dari suatu elemen di dlm antar muka, dpt dgn mudah menambahkan object yg sebelumnya sudah di bangun ke dlm tempat dan posisiyg di inginkan di layar. Dengan cara menggambar seperti dgn Paint. 
Kata "BASIC" merujuk kepada bahasa BASIC (Beginners All-Purpose Symbolic Instruction Code), sebuah bahasa yg digunakan oleh byk programmer dibandingkan dgn bahasa lainnya dlm sejarah komputer. Visual Basic telah berubah dari bahasa asli BASIC dan sekarang memiliki ratusan pernyataan, fungsi , dan kata kunci. Utk para pemula dpt membuat aplikasi hanya dgn mempelajari beberapa kata kunci saja. 

Microsoft Visual Basic merupakan sebuah bahasa pemrograman yg menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual utk membuat program perangkat lunak berbasis Sistem Operasi Microsoft Windows dgn menggunakan model pemrograman Component Object Model (COM). 
VB.NET adalah salah satu bahasa pemrograman yg populer saat ini. Kenapa disebut .Net?. Apakah ada hubungannya dgn internet?. Ternyata setelah di telusuri tidak ada hubungan dgn internet. VB.NET tentu berbeda dgn VB 6.0. Pendahulunya itu tidak begitu powerfull dibandingkan dgn VB.NET karena secara struktur sudah berbeda.
VB.NET merupakan sebuah bahasa pemrograman yg mendukung fitur "Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek" secara penuh, karena memang didukung oleh arsitektur Microsoft.NET Framework, yg mengandung kombinasi dari Common Language Runtime dan Base Class Library. 

Microsoft Visual Basic .NET adalah sebuah alat utk mengembangkan dan membangun aplikasi yg bergerak di atas sistem .NET Framework , dengan menggunakan bahasa BASIC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar